Cari Blog Ini

Umrah | Paket Murah & Promo

 Pengertian Melaksanakan Umrah
 
Umrah merupakan kegiatan ibadah umat muslim di dunia dan hampir sama dengan ibadah haji, ibadah umrah dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota  Makkah khususnya di Masjidil Haram. Namun pada istilah syari'ah Umrah berarti melaksanakan tawaf di Ka'bah dan sa'i antara Shofa dan Marwah setelah memakai ihram dari miqat. Ibadah umroh sering disebut pula dengan haji kecil.

Perbedaan umrah dengan haji adalah pada waktu dan tempat. Umrah dapat dilaksanakan sewaktu-waktu atau kapan pun, bahkan setiap hari, bulan, atau setiap tahun. Sedangkan haji hanya dapat dilaksanakan pada beberapa waktu antara tanggal 8 Dzulhijjah sampai dengan 12 Dzulhijjah, serta dilaksanakan sampai ke luar kota Mekkah.


Dalam pelaksanaan ibadah umrah karena waktunya yang tidak terikat maka dapat digabungkan atau dilakukan bersamaan dengan tour muslim atau liburan ke kota-kota sekitar Mekkah dan Madinah, bahkan ada pula yang sekaligus memilih untuk melakukan kunjungan liburan ke berbagai negara di sekitar Arab Saudi, seperti umroh plus Mesir,umroh plus Turki, umroh plus Dubai dan lain lain nya.
Umroh plus wisata muslim waktunya pun dapat disesuaikan dengan jadwal pekerjaan atau liburan anak-anak. Banyak yang memanfaatkan ini pada saat momen-momen tertentu saja, seperti tahun baru, umroh akhir tahun, musim semi di daratan Eropa, umroh Ramadhan, dan sebagainya.

Semua tata cara yang dilakukan dalam ibadah umroh telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam dan kita tidak boleh mengubah atau memodifikasi sesuai keinginan kita. Adapun beberapa aturan dalam melaksanakan umroh yaitu :
  1. Syarat Umrah
Syarat umrah adalah ketentuan atau hal-hal yang harus di penuhi sebelum melaksanakan ibadah umrah sama hal nya dengan syarat dalam melakukan ibadah haji.  Diantaranya adalah
  • Beragama Islam,
  • Baligh (dewasa),
  • Berakal Sehat (waras atau tidak gila),
  • Merdeka (bukan budak), dan
  • Mampu secara fisik, biaya, ( mencukupi nafkah Keluarga yang di tinggalkan)
 2. Rukun Umrah
Adapun rukun umrah adalah hal-hal yang harus di kerjakan dalam menjalankan ibadah umrah. Apabila ada salah satu hal yang tidak di kerjakan maka ibadah tersebut tidak sempurna dan wajib di ulang, yaitu :
  • Ihram,
  • Tawaf,
  • Sa`i,
  • Mencukur rambut atau memotongnya
  • Tertib
Semua dilaksanakan secara berurutan.

 3. Wajib Umrah
Ada dua hal wajib umrah yakni :
  • kegiatan yang harus dilakukan, apabila dilaksanakan maka akan di berikan ganjaran kebaikan (pahala), dan apabila ditinggalkan maka akan menjadikan yang meninggalkan nya berdosa.
  • Berpakaian ihram dari miqat dan Meninggalkan perkara-perkara yang dilarang selama dalam keadaan ihram
Ibadah umrah adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat islam yang mampu baik secara finansial, kesehatan rohani dan jasmani. Melaksanakan ibadah umrah makin mudah karena semakin banyak nya biro travel umrah yang amanah dan menawarkan biaya umrah dan paket umroh dengan biaya terjangkau. Hanya dengan membayar 18-19 jutaan, para jamaah umrah sudah dapat mengunjungi kota Madinah dan Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah sambil berwisata di tempat-tempat bersejarah di kedua kota tersebut.

Nava Tour menyediakan beragam paket umroh dengan biaya umroh murah dan terjangkau, memudahkan setiap langkah calon jamaah menuju Baitullah. Alhamdulillah Kami telah memberangkatkan puluhan ribu jamaah umrah dan memberikan jaminan keberangkatan 100%.
Back To Top